Categories : Tips Bisnis

 

chairul tanjungChairul Tanjung, pemilik kelompok usaha yang bergerak dari bank, hypermarket, hingga stasiun televisi, mengungkapkan salah satu tips bisnis rahasia suksesnya : memenuhi kebutuhan orang kaya. Chairul saat ini memberikan kuliah umum di universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dimedan kemarin, mengatakan pasar ini yang mesti disasar para wirausaha muda.

“buatlah bisnis yang memenuhi kebutuhan orang kaya sebab penduduk miskin di Indonesia akan semakin berkurang dan orang kayanya akan semakin bertambah.” Katanya.

Menurut Chairul, saat ini orang kaya atau kelas konsumsi di indonesia bertambah “sekarang jumlahnya sekitar 50 juta,” ujarnya disekitar 400 orang.

Sebagai contoh dalam memilih usaha, Chairul mengemukakan perbedaan pola makan orang kaya dan orang miskin. Orang miskin biasanya kalau makan nasi banyak lauknya sedikit. Sebaliknya, orang kaya akan mengurangi nasi tapi memperbanyak lauk.” Karena itu diantara pilihan bisnis untuk makanan orang kaya, jangan pilih beras tapi lauknya,” katanya.

Ia mengatakan orang kaya banyak takut soal makan, mulai dari diabetes sampai kegemukan. “mereka akan mengurangi makan nasi dan akan memperbanyak makan daging,” ucapnya. “ mungkin dari itu banyak orang main daging sapi.”

Sejumlah bisnis milik Chairul Tanjung memang menyasar pasar menengah atas. Misalnya saja untuk bidang makanan ia memiliki The Coffe Bean dan es krim premium Baskin-Robbins. Harga es krim Baskin-Robbins jauh diatas es krim popular lainnya.

Ia juga menjadi distributor kendaraan roda dua kelas Premium buatan Italia, Piaggio dan Vespa yang harganya diatas sepeda motor buatan jepang.

Dalam bisnis retail, selain memiliki Carrefour, kelompok usaha Chairul Tanjung (CT Corp) memasarkan banyak merek pakaian top dunia dan mahal, seperti Hugo Boss, Etienne Aigner, dan Giorgio Armani. Took serba ada metro, yang berada dikawasan elite Mall pondok indah juga ia miliki.

Resep lain Chairul bagi wirausaha yang ingin mengikuti jejaknya adalah tidak takut gagal. Jangan terlalu banyak khawatir sehingga tidak berani untuk mencoba. Pengusaha yang berahasil adalah orang yang tidak gampang menyerah dan tidak gampang takluk pada kegagalan.

“Kalau gagal coba lagi. Gagal coba lagi. Terus begitu sampai gagalnya nyerah dan tidak datang lagi,” katanya. “Begitulah menjadi pengusaha”.

sumber : harian.detik.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.